TUGAS
STATISTIK 2
PERTUMBUHAN DAN
PERKEMBANGAN MELALUI BERAT BADAN DAN TINGGI BADAN SISWA KELOMPOK B DI RA
AT-TAQWA
A. PENGERTIAN
PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN
pertumbuhan adalah
proses pertambahan ukuran, volume dan massa yang bersifat irreversible(tidak
dapat balik) karena adanya pembesaran sel dan pertambahan jumlah sel akibat
adanya proses pembelahan sel. Pertumbuhan dapat dinyatakan secara kuantitatif
karena pertumbuhan dapat diketahui dengan cara melihat perubahan yang terjadi
pada makhluk hidup yang bersangkutan. Contohnya adalah pertumbuhan pada
tumbuhan dapat di lihat dengan adanya perubahan tinggi babatang, menghitung
jumlah daun, jumlah bunga, dll.
Perkembangan
adalah suatu proses untuk menuju kedewasaan pada makhluk hidup yang bersifat
kualitatif, artinya tidak dapat dinyatakan dengan suatu bilangan tatpi dapat di
amati dengan mata telanjang. Proses perkembangang dapat di lihat dengan
terbentuknya organ-organ perkembangbiakan seperti munculnya bunga pada tumbuhan
yang kemudian di ikuti oleh buah atau umbi, dll.
Pertumbuhan dan perkembangan merupakan
hasil interaksi antara faktor-faktor dalam dan luar. Faktor dalam (faktor
internal) meliputi sifat genetik tersebut yang diperoleh secara turun menurun,
yang berupa gen dan hormon. Faktor luar (faktor eksternal) meliputi faktor
lingkungan.
B.
PENGERTIAN BERAT BADAN DAN TINGGI
BADAN
Berat badan adalah
ukuran yang lazim atau sering dipakai untuk menilai keadaan suatu gizi manusia.
Menurut Cipto Surono dalam Mabella 2000 : 10, mengatakan bahwa berat badan
adalah ukuran tubuh dalam sisi beratnya yang ditimbang dalam keadaan berpakaian
minimal tanpa perlengkapan apapun. Berat badan diukur dengan alat ukur berat
badan dengan suatu satuan kilogram. Dengan mengetahui berat badan seseorang
maka kita akan dapat memperkirakan tingkat kesehatan atau gizi seseorang.
Pengukuran
tinggi badan digunakan untuk menilai status perbaikan gizi. Pengukuran ini
dapat dilakukan dengan sangat mudah dalam menilai gangguan pertumbuhan dan
perkembangan.
Tinggi
Badan merupakan antropometri yang menggambarkan keadaan pertumbuhan skeletal.
Pada keadaan normal, tinggi badan tumbuh seiring dengan pertambahan umur.
Pertumbuhan tinggi badan tidak seperti berat badan, relatif kurang sensitif
pada masalah kekurangan gizi dalam waktu singkat. Pengaruh defisiensi zat gizi
terhadap tinggi badan akan nampak dalam waktu yang relatif lama.
Table pengukuran tinggi badan RA ATTAQWA kelompok B pada
tahun ajaran 2015-2016
NO
|
NAMA
SISWA
|
BERAT
BADAN/KG
|
TINGGI
BADAN/Cm
|
1
|
RISKA MAULANI
|
20
|
112
|
2
|
DZIKRY ASKARI
|
18
|
110
|
3
|
SAQINATUL SAFIRA
|
17
|
100
|
4
|
ALFACHRIZY GUSANDY
|
19
|
117
|
5
|
TAZKIATUN NAFSI
|
16
|
103
|
6
|
ZULFA NUR AWALIYAH
|
15
|
105
|
7
|
SHIFA SUCI NURANI
|
19
|
110
|
8
|
ARSYIL MUGNI SALURA
|
19
|
112
|
9
|
HASNA RAHMANIA
|
24
|
112
|
10
|
HELEN AULIA
|
15
|
102
|
Berat Badan
Berikut
presentase berat badan siswa kelompok B RA ATTAQWA Semester I dalam bentuk
grafik :
Berdasarkan
dari data berat badan siswa kelompok B RA ATTAQWA Semester I yang telah
diurutkan dari yang terkecil ke yang terbesar, dapat kita ketahui bahwa :
Data
: 15, 15, 16, 17, 18, 19, 19, 19, 20, dan 24
a. Jumlah
data : 10
b. Jumlah nilai dari semua data : 182
c. Median (Nilai tengah) : 15,5
d. Modus (Nilai yang sering muncul) : 19
e. Rata-rata : (182 : 10) = 18,2
f. Nilai maksimal : 24
g. Nilai minimal : 15
h. Range (selisih antara nilai maksimal dan
minimal) : 9
Nilai maksimal – Nilai minimal
24-15= 9
Nilai maksimal – Nilai minimal
24-15= 9
Tinggi Badan
Berikut
presentase tinggi badan siswa kelompok B RA ATTAQWA Semester I dalam bentuk
grafik :
Berdasarkan
dari data tinggi badan siswa kelompok B RA ATTAQWA Semester I yang telah
diurutkan dari yang terkecil ke yang terbesar, dapat kita ketahui bahwa :
Data : 100, 102, 103, 105, 110, 110,
112, 112, 112, dan 117
a.
Jumlah data : 10
b.
Jumlah nilai dari semua data : 1083
c.
Median (Nilai tengah) : 110
d.
Modus (Nilai yang sering muncul) : 112
e.
Rata-rata : (1083 : 10) : 108,3
f.
Nilai maksimal : 117
g.
Nilai minimal : 100
h.
Range (selisih antara nilai maksimal dan
minimal) : 17
Nilai maksimal – Nilai minimal
117-100 = 17
Nilai maksimal – Nilai minimal
117-100 = 17
Beberapa faktor yang mempegaruhi
pertumbuhan anak :
Faktor
heredo konstitusional ; tergantung ras, genetic, jenis kelamin dan kelainan
bawaan
Faktor
hormonal ; insulin , tiroid, hormon sex dan steroid.
Faktor
lingkungan selama dan sesudah lahir ; gizi, trauma, sosio – ekonomi, iklim,
aktivitas fisik, penyakit, dll.
How do you create a casino account? - DRMCDC
BalasHapusAll you have to do is 평택 출장마사지 create a username, password 화성 출장샵 and password 하남 출장안마 in 포천 출장마사지 the account. · Enter your desired username, 김해 출장안마 password, and password