Menurut Salim (2003: 1), animasi adalah proses penciptaan efek gerak
atau efek perubahan bentuk yang terjadi selama beberapa waktu
(morphing). Suheri (2006: 28) mengatakan bahwa animasi merupakan
kumpulan gambar yang diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan
gerakan. Salah satu keunggulan animasi adalah kemampuannya untuk
menjelaskan suatu kejadian secara sistematis dalam tiap waktu perubahan.
Hal ini sangat membantu dalam menjelaskan prosedur dan urutan kejadian.
Sedangkan menurut Tay, “animasi sebenarnya objek yang bergerak
melintasi atau bergerak kedalam atau keluar layar; bola dunia
yangmemutar; mobil yang melaju sepanjang jalan raya, binatang kecil yang
merayap dibawah tumpukan disket, sampai video bergerak quicktime dan
AVI menjadi satu kesatuan yang umum, animasi merupakan sumber utama
untuk aksi dinamis dalam presentasi sebuah media.” (Setyaningsih, 2012:
6).
Suheri (2006: 29) juga mengatakan bahwa animasi memiliki
kemampuan untuk memaparkan sesuatu yang rumit atau kompleks atau sulit
untuk dijelaskan dengan hanya gambar atau kata-kata saja.
Dari
penjabaran di atas maka dapat disimpulkan bahwa media animasi
pembelajaran adalah media audio visual yang merupakan kumpulan gambar
bergerak dan suara berisikan materi pembelajaran matematika yang
ditampilkan melalui media elektronik projektor sebagai usaha untuk
menciptakan pembelajaran yang aktif dan menyenangkan.
http://irwansahaja.blogspot.co.id/2014/06/pengertian-media-animasi-pembelajaran.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar